Cara Merapikan Wajah di Photoshop dengan Hanya Beberapa Langkah Mudah (Tutorial)



















Pernah mendengar ungkapan "kamera menambahkan sepuluh pound?" Sejumlah hal bisa salah saat pemotretan dan membuat subjek terlihat lebih berat dari sebenarnya. Mungkin pencahayaannya padam, sudutnya jelek, atau postur subjek tidak menarik. Tapi ada cara sederhana untuk memperbaiki kesalahan itu dan membawa kecantikan alami subjek Anda.
Tidak ada yang lebih kita benci daripada ketika desainer memperkuat harapan tubuh yang tidak realistis dengan menggunakan Photoshop untuk menurunkan model sampai mereka tidak terlihat seperti diri mereka sebenarnya. Sebenarnya, dalam hitung mundur dari poster film terburuk yang pernah ada, itu adalah daging sapi utama kami dengan poster film untuk "The Heat," di mana Melissa McCarthy melangsingkan diri sampai-sampai tidak dikenali.
Teknik Adobe Photoshop yang akan kami tunjukkan kepada Anda bukanlah tentang memberi subjek Anda tipe tubuh kurus, dan ini jelas bukan tentang mengubahnya menjadi karakter kartun ultra-tipis yang tidak manusiawi. Ini tentang membuat mereka melihat cara mereka secara alami melihat kondisi terbaik.


 

Mulai 


Untuk tutorial ini, kita akan menggunakan foto oleh fotografer Michael Miller yang sengaja ditembakkan dengan pencahayaan siang hari yang keras dan langsung untuk menunjukkan contoh dari apa yang terjadi pada model saat difoto dalam kondisi ini. Wajah model dalam gambar ini terlihat sangat bulat dan penuh - tapi itu lebih merupakan tipuan cahaya daripada apapun.

Karena cahaya terang langsung menabrak wajahnya, kita tidak melihat bayang-bayang normal yang akan membantu menentukan bentuknya. Cahaya di matanya juga membuat juling, yang menyokong wajahnya yang tampak bengkak. Tujuan kami adalah memperbaiki bayangan itu dan memberikan wajahnya beberapa bentuk dan definisi yang lebih alami.

Kami mendorong Anda untuk mendownload gambar asli model sehingga Anda bisa mengikuti tutorialnya.


 

Memperbaiki bentuk kepala

Hal pertama yang akan kita lakukan adalah membentuk kembali kepala sedikit sehingga wajah modelnya sedikit lebih ramping dan kurang kenyang. Kejelasan sumber cahaya pada gambar ini membuat wajah model terlihat lebih besar dari pada itu, jadi proses ini membawa kembali definisi. Ini juga membantu memperbaiki sudut kepala yang tidak menyenangkan dengan menentukan garis rahang melalui kontras cahaya.


 

Buka gambar di Photosop dan duplikat layer dengan mengklik Layer> Duplicate Layer (alternatifnya, Anda bisa menekan CTRL + J). Kita akan membentuk kepala pada layer duplikat, membiarkan lapisan latar tidak tersentuh.

Anda memerlukan Alat Liquify, jadi klik Filter> Liquify atau tekan Shift + Ctrl + X untuk membuka Opsi Perangkat Liquify. Atur ukuran Alat Liquify menjadi 50 dan tekanan ke 50, biarkan benda lain tidak tersentuh. Anda sekarang siap untuk mulai melangsingkan kepala.


http://www.companyfolders.com/blog/media/2015/08/how-to-slim-photoshop-2.jpg 

Mulailah menggunakan Alat Liquify dengan mengklik dan menyeret. Buat kepala lebih tipis, tapi ingat, tujuan kita disini adalah agar model terlihat lebih alami, tidak seperti orang lain sama sekali. Tetaplah di sisi yang halus saat Anda mulai membentuk kepala. Fokus pada kontras dengan garis rahang, jangan membentuk kembali struktur tulang.

 

Untuk memastikan Anda tidak terlalu bersemangat dengan Alat Liquify, jaga kursor pada rambut dan fokus untuk membawanya ke wajah. Jika Anda langsung menuju wajah secara langsung, Anda akan berakhir dengan salah satu gambar menyeramkan yang tidak lagi terlihat seperti seseorang.
 
 
 
 Pergilah ke kedua sisi kepala, tarik rambut ke wajah sampai Anda puas dengan tampilan. Seperti yang bisa Anda lihat dari contoh kita, melakukan hal ini akan membuat rambut terlihat terdistorsi dan melengkung. Tidak apa-apa! Kami akan memperbaikinya di langkah selanjutnya.
 
Membuat rambut terlihat natural

Untuk langkah selanjutnya, Anda akan bolak-balik antara lapisan latar belakang asli dan lapisan duplikat yang dimodifikasi untuk mengidentifikasi area rambut yang telah menjadi terdistorsi. Klik ikon mata di sebelah layer duplikat untuk menyalakan dan mematikannya.

Dimanapun rambut terdistorsi pada lapisan duplikat, Anda ingin membuat pilihan dengan Lasso Tool pada lapisan aslinya. Tidak harus sempurna atau rapi, itu hanya harus mencakup area yang melengkung pada lapisan duplikat. Salin seleksi dari lapisan asli dan tempel sebagai lapisannya sendiri di atas lapisan yang dimodifikasi.


 

 

Sekarang Anda bisa mengubah lapisan yang dimodifikasi kembali untuk merasakan bagaimana tampilannya. Seperti yang bisa Anda lihat, pilihan yang disalin bisa menjadi seperti jempol yang sakit, jadi mari kita menyingkirkan sisi buruk itu.

Bawalah Eraser Tool dan atur opacity menjadi 30%. Sekarang Anda bisa menyingkirkan tepi jelek itu dengan menggosok penghapus di atasnya sampai Anda mengerti seperti yang Anda suka.


 

Ulangi langkah ini di atas semua area rambut dimana lapisan yang dimodifikasi terlihat sedikit miring. Ketika sampai di daerah di mana tirai rambut melintasi leher model, Anda mungkin akan sulit mendapatkan rambut agar sesuai dengan bayangan di gambar. Gunakan Free Transform Tool dengan menekan CTRL + T atau Edit> Free Transform untuk memutar potongan-potongan ini sehingga terlihat lebih natural.

   

 

Anda akan berakhir dengan beberapa lapisan "potongan rambut" - kami berakhir dengan tiga sama sekali, tapi Anda mungkin memiliki lebih atau kurang; itu semua tergantung pada apa yang terlihat terbaik.
 

Sekarang mari kita bantu lapisan rambut ini bersama-sama (no pun intended.) Tahan tombol CTRL dan klik pada layer yang dimodifikasi dan lapisan rambut yang Anda buat untuk memilihnya. Klik Layer> Duplicate Layer atau tekan CTRL + J untuk membuat duplikat semua lapisan ini sekaligus.

   

Gabungkan semua lapisan duplikat baru ini menjadi satu lapisan tunggal dengan mengklik Layer> Merge Layers atau tekan CTRL + E.

  

Sekarang buat duplikat layer gabungan ini. Kami akan memberi nama layer gabungan pertama "Blur" dan layer gabungan duplikat "Sharp."

  

Sembunyikan layer Sharp dan pilih layer Blur. Klik Filter> Blur> Gaussian Blur untuk menampilkan pengaturan blur dan atur radius blur menjadi 2,0 piksel.

 

Anda harus memiliki sesuatu yang terlihat seperti gambar di bawah ini-rambut saling menempel dengan baik, tapi gambarnya terlalu buram untuk menjadi profesional, jadi ayo kita perbaiki.

 
 

Unhide dan pilih layer Sharp, lalu klik Filter> Other> High Pass untuk membuka setting High Pass, yang ingin Anda atur pada 1.0 pixel.

 

Sekarang mari tambahkan sedikit kabur terkecil ke lapisan ini dengan memilih Filter> Blur> Gaussian Blur dan setel ke 0,3.

 

Gambar hampir sama sekali tidak bisa dikenali, tapi kami akan memperbaikinya. Atur blending mode Sharp ke Linear Light dari menu pull-down di toolbar layer. Kini rambutnya terlihat jauh lebih natural.

  

Membersihkan bayangan leher

Berkat pencahayaan yang terang di foto sumber kami, ada beberapa bayangan gelap di wajah dan leher model. Bayangan gelap ini membuat sulit untuk melihat bentuk wajah model dan memberi bobot ekstra visual yang sebenarnya tidak ada.

Mari kita mulai dengan leher, yang menimbulkan masalah uniknya sendiri-bayang-bayang di leher model cocok dengan posisi rambutnya. Kami mengubah rambutnya pada langkah terakhir, jadi mereka tidak lagi terlihat benar dan menambahkan banyak bobot visual yang tidak perlu ke foto. Kami tidak akan khawatir membuat bayangan baru yang sesuai dengan garis rambutnya-kami hanya akan meringankan semuanya.

Buat layer baru dengan menekan tombol layer baru, atau klik Layer> New Layer atau Shift + CTRL + N. Tempatkan lapisan baru antara lapisan Sharp dan Blur. Sembunyikan lapisan Sharp sehingga Anda dapat melihat apa yang Anda lakukan.
 


 

Untuk mengurangi kegelapan, kita akan melukis di atas area yang gelap dengan Brush Tool yang setinggi 7%. Tekan tombol I untuk membuka Alat Pipet dan pilih warna pada kulit yang berada di dekat area gelap, namun tidak benar-benar gelap.

Pergi ke bayang-bayang dengan kuas cat, meringankan mereka dan ciptakan bayangan yang paling seragam, hapus garis bayangan melengkung yang ditinggalkan oleh rambut.


 

 



Anda harus terus menggunakan Alat Pipet untuk memilih warna kulit yang berbeda untuk dikerjakan sehingga Anda tidak bisa melukis semuanya dengan satu warna. Bayangan harus membentuk gradien dari kegelapan di bagian atas leher hingga terang di bagian bawah, seperti pada foto di bawah ini.

 
 
 Sekarang matikan layer Sharp kembali, dan Anda akan melihat garis aneh yang tertinggal dari tempat garis bayangan dulu.

 

Untuk menghapus garis sisa ini, kita perlu menggunakan Clone Stamp Tool. Tahan ALT dan klik kanan pada area sedekat mungkin dengan tepi. Kemudian bersihkan sikat di atas tepi untuk noda itu keluar.

 

 



Anda juga perlu melakukan ini ke tepi di sekitar area dagu untuk mengurangi keparahannya, karena bayang-bayang telah berkurang.

 

Membuka pipi

Karena foto itu diambil pada tengah hari dan matahari cerah, model di foto itu mematanya matanya menyipitkan mata, menyebabkan pipinya mengembang dan membuat bayangan gelap di wajahnya. Mari kita tunjukkan apa yang ada di balik semua bayangan itu dengan mencerahkan segalanya dan mengurangi garis yang parah.

 

Buat layer baru dan letakkan di atas lapisan bayangan terakhir, lalu sembunyikan layer Sharp. Gunakan teknik yang sama seperti sebelumnya-atur Brush Tool pada 7% opacity dan gunakan eyedropper untuk memilih berbagai bagian warna kulit. Pergilah ke area gelap di pipinya (terutama di tempat yang kusut dari senyumannya) dan meringankan hal-hal yang sesuai dengan keinginanmu.

 

Sekali lagi, Anda akan ditinggalkan dengan beberapa sisi kotor di lapisan Sharp yang harus Anda hilangkan, jadi jadikan lapisan Sharp terlihat lagi dan tarik Alat Clone Stamp yang terpercaya. Sekali lagi, simpan area kloning sedekat mungkin ke tepi dan hapus garis-garis keras di pipinya.



Setelah selesai, Anda harus memiliki gambar yang dekat dengan contoh ini.

   

Meringankan bibir dan gigi
Sekarang kita ditinggalkan dengan satu area terakhir di bawah hidungnya dimana ada beberapa bayangan yang parah. Ini tidak membuat wajahnya terlihat lebih penuh, tapi sekarang stiknya semakin gelap. Kita harus mengurangi bayang-bayang, dimulai dengan area tepat di bawah hidung dan di atas bibir.

Saat ini, daerah ini sangat gelap sehingga terlihat seperti kumis, jadi buat layer baru di atas yang terakhir dan gunakan teknik yang sama seperti sebelumnya. Kali ini, akan sedikit lebih menantang untuk mendapatkan kombinasi warna yang tepat untuk mengurangi bayangan, jadi Anda harus meluangkan waktu untuk bermain dengannya.

Sembunyikan lapisan Sharp dan gunakan Brush Tool untuk mengisi bayangan dengan nada kulit yang lebih ringan yang telah Anda potret dari wajahnya dengan alat pipet. Setelah bayangan Anda berkurang, beralih kembali ke lapisan Sharp dan gunakan Clone Stamp Tool untuk menghapus garis yang parah.
 


 


Sekali lagi, sembunyikan layer Sharp dan buat layer baru di bawahnya untuk bibir dan gigi, yang sekarang terlihat agak memar dan ternoda karena bayang-bayangnya terlalu gelap. Ulangi langkah yang sama seperti warna pull-out sebelumnya dengan Eyedropper Tool, kurangi bayangan dengan Brush Tool, kemudian hidupkan layer Sharp sehingga Anda bisa mengurangi garis yang parah dengan Clone Stamp Tool.
 
 
 
Lakukan hal-hal satu bagian dalam satu waktu. Mulailah dengan bibir atas, lalu lakukan gigi, lalu bibir bagian bawah. Di antara masing-masing, beralih kembali ke lapisan Sharp sehingga Anda bisa menghapus garis keras dengan Clone Stamp Tool. Terus ulangi langkah-langkah ini, satu bagian pada satu waktu, sampai Anda memiliki keseimbangan bayangan yang bagus. Hasil akhir Anda akan terlihat seperti gambar di bawah ini.
 
 

Menambahkan bayangan untuk kedalaman

Menambahkan beberapa cahaya itu bagus, tapi kelihatannya tidak realistis sekarang karena tidak ada bayangan sama sekali di wajah model itu. Anda telah menghabiskan banyak waktu untuk mengeluarkan bayangan dari gambar itu, tapi sekarang kami akan menambahkan beberapa.

Buat layer baru di bawah layer Sharp. Gunakan Alat Pipet untuk memilih warna gelap dari bayang-bayang antara wajah dan rambut model. Ini akan menjadi warna yang Anda gunakan secara keseluruhan untuk bayang-bayang, jadi jangan pilih apapun yang terlalu gelap atau terlalu terang; Tujuannya tepat di tengah.
 
 
 
Atur Brush Tool menjadi 30% opacity dan gambarlah bayangan kasar di sepanjang sisi kiri wajah model, di bawah dagu dan rahangnya, dan di sisi kiri garis lehernya.
 
 
 
Setelah Anda memiliki bayangan seperti yang Anda inginkan, ubah blending layer menjadi Darker Color di menu drop-down dan atur opacity menjadi 40%.
 
  
 
Kini bayang-bayang terlihat lebih alami dan kurang parah, dan wajah model terlihat terbaik bisa tanpa tidak realistis.
 
  
 
Jika Anda telah mengikuti langkah-langkah ini dengan benar, Anda harus memiliki gambar yang terlihat seperti ini:
 
 
 
Anda juga dapat mendownload versi PSD dari file kerja yang kami gunakan untuk tutorial ini.
 
Jangan terlalu mengandalkan Photoshop

Ingat bahwa retouching foto untuk memperbaiki pencahayaan yang tidak menyenangkan bukanlah pengganti untuk memotret dengan baik. Jangan gunakan efek Photoshop ini sebagai penopang; bila memungkinkan, cobalah untuk mendapatkan sebuah foto yang membuat subjek Anda terlihat terbaik dari mendapatkan-pergi.

Pastikan untuk meninggalkan komentar di bawah ini dengan hasil dari tutorial atau gambar lain yang telah Anda terapkan teknik ini!
 
 

Komentar

Postingan Populer